Rabu, 27 April 2011

Maskot SEA Games Modo-Modi Resmi Diluncurkan

Modo dan Modi, maskot SEA Games XXVI secara resmi diluncurkan. Maskot yang diadopsi dari binatang Komodo itu resmi diperkenalkan dalam acara 200 Hari Jelang SEA Games XXVI yang digelar di dua tempat di Jakarta, Senin (25/4).

Teater Indonesia Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah serta Bundaran Hotel Indonesia menjadi pilihan untuk meluncurkan maskot SEA Games XXVI yang digelar di Palembang dan Jakarta pada 11-22 November nanti. Acara ini juga disiarkan secara langsung oleh satu stasiun televisi swasta nasional, ANTV.

Perkenalan Modo dan Modi secara langsung dilakukan di area Bundaran HI. Ditandai dengan pesta kembang api, maskot ini kemudian diluncurkan secara resmi. Komodo merupakan kadal raksasa di dunia yang hanya dapat ditemukan di Indonesia. Satwa langka ini berasal dari Pulau Komodo, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ketua INASOC Rachmat Gobel menyatakan bahwa proyek pesta olahraga Asia Tenggara ini bukan hanya tugasnya semata. Dia meminta semua pihak berpartisipasi. "Saatnya kita semua bersatu mendukung penyelenggaraan SEA Games demi kejayaan Merah Putih," ujarnya dalam rilis yang diterima Tempo.

Ketua Umum KONI/KOI Rita Subowo menilai kesempatan sebagai tuan rumah menjadi momentum Indonesia membangkitkan prestasi olah raga. Dukungan masyarakat tentunya dibutuhkan agar Indonesia mencapai target, yaitu sukses menyelenggarakan, meraih prestasi, dan meningkatkan ekonomi. 

SEA Games akan diikuti oleh 11 negara di Asia Tenggara. Indonesia sebagai tuan rumah akan bersaing dengan peserta dari Thailand, Malaysia, Vietnam, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina, Laos, Myanmar, dan Timor Leste. 

Terdapat 43 cabang yang akan dipertandingkan mulai 11 November 2011. Palembang, Sumatera Selatan, akan menjadi tuan rumah 22 cabang, yaitu sepakbola, gulat, senam, angkat besi, atletik, fin swimming, ski air, pentaque, biliar, sepaktakraw, tinju, sepatu roda, bridge, bola voli indoor dan pantai, softball, baseball, catur, tenis, soft tenis. 

Jakarta juga akan kebagian menggelar 22 cabang karena pertandingan sepakbola juga dilangsungkan di ibukota. Sedangkan 22 cabang lainnya, yaitu anggar, bulu tangkis, boling, bola basket, balap sepeda, kano, rowing, dayung perahu naga, berkuda, judo, karate, kempo, layar, pencak silat, paralayang, panahan, tenis meja, taekwondo, golf, vovinam, dan wushu.

MODO & MODI, SEA GAMES 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar