Rabu, 27 April 2011

Rumah Robot Pertama di Indonesia dan di Dunia

Dunia teknologi di Indonesia akan semakin semarak dengan hadirnya World Robotic Explorer, yang merupakan Rumah Robot pertama dunia, yang hadir di Indonesia. 

Rumah robot ini merupakan sebuah pusat rekreasi pendidikan (edutainment) di Mal Thamrin City, Jakarta.

Kehadiran Rumah Robot ini diresmikan oleh Menteri Riset dan Teknologi Suharna Surapranata, Sabtu, 11 Desember 2010. Suharna berharap kehadiran World Robotic Explorer bisa menjadi tempat inovasi, terutama untuk generasi muda.

"Kunci sukses bersaing di abad 21 adalah inovasi. Rumah robot akan menjadi tempat yang melahirkan inovasi bagi generasi muda," kata Suharna.

Kehadiran World Robotic Explorer juga dianggap sebagai rumah robot pertama di dunia. Karena itu Museum Rekor Indonesia (MURI) pun memberikan penghargaan khusus.

"Saya rasa ini merupakan yang pertama tidak hanya di Indonesia. Karena itu MURI memberi penghargaan Rumah Robot Pertama Dunia di Indonesia," kata Jaya Suprana dari MURI.

Selain itu hadir pula Bruno Maisonnier dari Nao Foundation, yang memperkenalkan robot bernama Nao. Robot Nao ini dapat diprogram untuk berinteraksi dengan manusia, bahkan dapat berjoget.

Dalam kesempatan ini, Bruno berharap Nao Foundation dapat berpartisipasi dalam mengembangkan dunia robotik di Indonesia. Salah satunya adalah dalam bidang pendidikan robotik.

"Dunia robotik merupakan petualangan baru abad ke-21. Banyak kerja yang bisa dilakukan dengan bermacam program. Ini merupakan investasi yang berharga di masa depan," ucap Bruno.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar